Rabu, 08 Mei 2019

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba

Sharing ke rekan kamu Tiap kota tetap mempunyai kekhasan semasing. Anda dapat lihat keunikannya dari bagian budayanya, adat masyarakatnya yang sampai sekarang masih dilestarikan, tujuan wisata alamnya, serta masih banyak. Tetapi, lepas dari semua keunikan itu, ada satu hal yang tidak sempat ditinggalkan oleh pelancong waktu bertandang ke satu tujuan: wisata kuliner.

Ya, wisata kuliner memang kadang jadi tolak ukur penilaian satu tujuan wisata oleh beberapa pengunjung. Kuliner sudah mendatangkan daya tarik tertentu buat beberapa pelancong, sebab tentu saja, Anda tidak sekedar hanya bertandang ke beberapa tempat menarik. Nah, satu diantara tujuan yang populer akan kulinernya ialah Solo. Terdapat beberapa obyek wisata kuliner Solo yang harus Anda datangi waktu berkunjung di kota yang dijuluki The Spirit of Java ini, misalnya:



1. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies

Anda ketahui hidangan selat solo? Makanan ini berbentuk potongan daging giling seperti lontong dengan penambahan sayuran wortel, selada, kentang, buncis, serta kacang polong. Di atasnya, disiram kuah kental dengan rasa manis asam yang demikian ciri khas.

Di Solo, ada satu diantara warung penjual selat solo paling legendaris, yakni punya Mbak Lies. Tempat kuliner Solo yang ada di Jalan Veteran, Gg. Yudistira II No. 42, Cerengan, Solo ini bahkan juga ialah hanya satu yang berada di Solo, alias tidak membuka cabang di lain tempat. Anda tentu dapat membayangkan begitu ramai serta penuhnya obyek wisata kuliner Solo ini, khususnya pada waktu jam makan siang.

Tidak cuma rasa selat solonya yang sangat nikmat, rumah makan Mbak Lies ini mempunyai satu kekhasan, yakni terdapatnya hiasan berbentuk keramik, misalnya guci, lukisan, piring hiasan, sampai kursi serta meja. Walau tempatnya cukuplah tersembunyi, hiasan keramik ini akan mempermudah Anda mengetahui serta temukan obyek wisata kuliner di Solo yang satu ini.

Satu porsi kuliner Solo ini dibandrol pada harga yang sangat murah, yakni seputar Rp10.000 – Rp15.000 saja. Jadi, jangan pernah lewatkan ya, sebab tempat makan ini cuma membuka sampai jam 17.00 WIB sehari-harinya.

2. Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Kuliner Solo selanjutnya ada spesial untuk pencinta daging kambing. Tidak seperti sate kambing yang lain, warung sate kambing punya Mbok Galak ini sangat ciri khas dengan hidangan sate kambing yang terbungkus lemak, atau dalam Bahasa Jawa biasa dimaksud “buntel”. Siraman kuah kacang di atasnya makin meningkatkan kelezatan sate kambing ini.

Tidak cuma sate, Anda dapat juga mencicip bermacam olahan daging kambing yang lain dalam tempat kuliner Solo ini, misalnya gulai serta tongseng. Rasa-rasanya? Tidak kalah nikmat kok dengan sate buntelnya. Harga nya? Ditanggung, tidak membuat dompet Anda kempis saat itu juga, sebab satu porsi sate buntel di warung Mbok Galak dibandrol mulai Rp30.000 saja. Ingin tahu? Selekasnya tujukan perjalanan Anda ke Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 122. Warung sate Mbok Galak membuka dari jam 06.00 sampai 16.00 WIB sehari-harinya.




3. Warung Pecel Bu Kis

Warung Pecel Bu Kis

Satu diantara sajian yang paling disukai oleh warga Jawa Tengah ialah pecel. Kuliner berbentuk bermacam sayuran seperti kangkung, bayam, kol, tauge, kenikir, serta kacang panjang yang di rebus lalu disiram dengan bumbu pecel yang pedas memang nikmat. Ditambah potongan lontong atau nasi putih panas serta satu gelas teh tawar hangat, hmm, rasa-rasanya pasti makin mengundang selera. Di Solo, Anda memang tidak akan kesukaran mencari kuliner semacam ini, sebab penjual pecel hampir tetap berada di tiap pojok Kota Solo.

Tetapi, satu diantara tempat yang harus Anda sambangi ialah warung punya Bu Kis. Hidangan penting di warung kuliner Solo ini memang tidak jauh berlainan dengan warung pecel yang lain, tetapi jangan pernah Anda melepaskan kelezatan sambal tumpangnya. Rasa pedasnya demikian menggoyang lidah serta ditanggung akan membuat Anda suka. Warung Pecel Bu Kis dapat Anda dapatkan di belakang Pengadilan Negeri Solo, tidak jauh dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

4. Soto Gading

Soto Gading

Soto tetap jadi kuliner yang cocok disantap setiap saat, lebih waktu cuaca sedang dingin. Seperti pecel, hidangan yang satu ini juga tidak susah diketemukan, sebab hampir tetap berada di mana juga Anda bertandang, tidak kecuali di Solo. Dari banyaknya warung penjual kuliner Solo ini, Soto Gading ialah yang paling ramai didatangi.

Berada di Jl. Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75, Joyosuran, Pasar Kliwon atau di seputar alun-alun Keraton Solo yang adalah satu diantara obyek wisata di Solo yang harus didatangi, Soto Gading mempunyai kekhasan pada kuahnya yang bening tetapi kaya rempah-rempah. Aromanya demikian dapat menggugah hasrat. Ditambah dengan bermacam lauk-pauk lezat yang membuat beberapa pengunjung ikhlas antre semenjak pagi. Beberapa tokoh penting Tanah Air seperti Presiden Joko Widodo, Ibu Megawati Soekarno Putri, serta Agum Gumelar juga sempat mencicip nikmatnya soto ini.

Baca juga : review hawai waterpark malang

5. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu

Tidak akan komplet rasa-rasanya kunjungan Anda ke Kota Keraton ini tanpa ada sempat mencicip kuliner Solo paling ciri khas, yakni nasi liwet. Sajian berbentuk nasi putih gurih dengan penambahan telur rebus, sayur labu, serta suwiran ayam ini ialah kuliner paling favorite warga ditempat. Warung Nasi Liwet Wongso Lemu salah satu penjual nasi liwet terenak yang harus Anda coba di Kota Solo. Tidak hanya rasa-rasanya yang demikian enak, warung ini nyatanya sudah diurus dengan turun-temurun semenjak tahun 1950 yang lalu.

Bu Wongso Lemu ialah sang pemilik warung nasi liwet yang berada di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo ini. Sekarang, warung yang membuka tiap hari mulai jam 16.00 sampai 01.00 awal ini hari diurus oleh Mbak Ati yang adalah cucu dari Bu Wongso Lemu. Bermodal Rp10.000 sampai Rp17.000 saja, sepiring nasi liwet lengkap siap menggoyang lidah Anda.

6. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Kudapan yang satu ini ialah kuliner Solo yang paling dicari, lebih oleh pelancong. Tidak seperti serabi pada biasanya, kelezatan Serabi Notosuman ini memang tidak ada duanya. Gabungan santan, susu, serta gulanya memberi cita rasa manis yang demikian ciri khas, lebih bila disantap pada saat hangat. Serabi Notosuman ada dalam dua variasi rasa, yakni original serta cokelat.

Cara membuat serabi ini juga masih tradisionil, dengan memakai tungku-tungku yang dipanaskan dengan api dari arang. Satu bagian serabi notosuman berisi 10 gulung, harga nya mulai dari Rp20.000 bergantung dari variasi rasa yang Anda pilih. Gerai serabi ini dapat Anda temui di Jl. Mohammad Yamin No.28.

7. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Masih masalah kudapan, ada nih kuliner Solo tidak hanya Serabi Notosuman yang harus Anda coba, yakni es dawet telasih yang dijajakan oleh Ibu Dermi. Tidak seperti dawet umumnya, dawet telasih ini diberikan di mangkok. Tidak hanya dawet memiliki ukuran kecil hampir seperti beras, dicampurkan juga biji-biji telasih, ketan hitam, bubur sumsum, serta tape ketan, membuahkan rasa fresh yang mengagumkan.

Satu bagian es dawet telasih fresh punya Bu Dermi dapat Anda cicip cukup hanya membayar Rp5.000 saja. Tempatnya tidak susah diketemukan, sebab Bu Dermi tetap berjualan di lokasi Pasar Gede Solo. Tentunya, sesudah capek belanja, janganlah lupa singgah serta cicip kelezatan es dawet favorite warga Solo ini ya.





8. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Tidak cuma es dawet, segarnya es ciri khas Kota Solo dapat juga Anda alami dari semangkuk es gempol. Di Solo, kudapan satu ini memang tidak gampang didapati. Tetapi, Anda masih dapat rasakan kesegarannya dengan singgah ke samping Masjid Tegalsari, persisnya di Jl. Dr. Wahidin, tempat Pak Suhar biasa menjual kuliner Solo ini.

Lezat serta segarnya es gempol pleret punya Pak Suhar ini tentunya ada pada olahan gempol serta pleretnya. Kombinasi tepung beras serta gula jawa dengan siraman santan cairnya demikian menggoyang lidah. Penambahan gula cair serta es batu membuat nikmat kudapan ini semakin prima.

9. Tahu Kupat Pak Brewok

Tahu Kupat Pak Brewok

Kuliner Solo yang satu ini berbentuk potongan ketupat, kol, tauge, tahu goreng, serta mie kuning dengan taburan bawang goreng serta daun bawang. Lalu, kuah kecap serta air bawang disiramkan di atasnya. Umumnya, ditambah lagi potongan cabai rawit untuk meningkatkan cita rasa pedasnya. Gabungan rasa asam, manis, gurih dan pedas bisa menjadi satu rasa yang demikian ciri khas serta menggugah hasrat.

Warung tahu kupat punya Pak Brewok ialah yang terpopuler di Kota Solo. Berada di Jl. R.M. Said, satu tulisan Warung Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok jadi sinyal yang memberi tahu jika Anda sudah tiba. Membuka tiap hari mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB, warung ini salah satu tujuan kuliner yang paling ramai didatangi, baik oleh warga ditempat ataupun pelancong.

10. Warung Sate Kere Yu Rebi

Warung Sate Kere Yu Rebi

Anda pasti ingin tahu dengan obyek wisata kuliner Solo yang satu ini. Masalahnya dari namanya saja, “sate kere” dapat disimpulkan jadi satai miskin. Ya, nama ini diambil dari bahan sate yang dipakai di warung punya Yu Rebi ini, yang nyatanya ialah dalaman sapi. Tentunya, bila dibanding dengan dagingnya, dalaman mempunyai harga jual yang tambah murah di market.

Warung Yu Rebi ini dapat Anda datangi di Galabo atau belakang Stadion Sriwedari Solo. Satu porsinya cuma dibandrol pada harga Rp10.000 saja. Tidak cuma sate dalaman, Anda dapat juga mencicip lezatnya tempe gembus di warung yang membuka mulai jam 10.00 sampai 21.00 WIB sehari-harinya ini. Murah serta lezat, siapa sich yang tidak senang dengan dua hal itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar